Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Zoefarizz : 2 Tahun


Dear Zoefarizz, 

Mari kita mulai cerita perjalanan usia setahunmu dengan flashback, dimulai pada bulan September 2023. Disalah satu hari kita pergi berlibur bersama ke Anyer, tidak hanya kita sekeluarga tapi dengan semua keluarga, mama uti dan amih opi.

Salah satu kejadian yang paling teringat, ketika di waktu magrib, salah satu kakimu tersangkut di meja yang bolong, bunda saat itu tengah asiek bermain dengan kaka-kakamu dipinggir pantai, kamu hendak makan bersama ayah, tiba-tiba terdengar jeritan mama uti dan amih opi, untungnya tidak ada luka dan kamu hanya menangis saja karena ketakutan.

Kamu masih terlihat gembul sekali difoto-foto ini.
Masih dibulan September, kita sekeluarga main di sekolah kaka Zaidan untuk acara keluarga, disini kamu baru mulai jalan cukup lancar, jadi masih jatuh-jatuh tapi kamu sudah nggak mau digendong, lebih suka jalan sendiri dan ingin kabur terus, penasaran dengan banyak banyak hal.

Memasuki bulan Oktober kita jalan-jalan lagi, kali ini kita menginap di salah satu hotel-apartemen yang ada di daerah Cikarang, kamu senang sekali bisa bermain air dikolam renang karena bulan sebelumnya kamu takut bermain air dipantai yang ada pasirnya. 

Sama halnya dengan kedua kaka, kamu juga tidak suka kaki kamu berjalan diatas pasir, tekstur pasir mungkin terasa geli dan tidak nyaman bagi kulit kakimu.

Jalan-jalan terus selama dua bulan ternyata selama bulan November dan Desember itu kamu malah sakit terus, hingga disini bunda tersadar kamu sudah terlihat kurus. Foto-foto dibawah ini diambil waktu kita menemani kaka Zeanissa ikut kelas belajar di mcd, kamu senang sekali main di playground.


Zoefarizz yang ketika usia setahun sudah tak lagi dirawat oleh mba pengasuh berganti dengan daycare selama 3 bulan, selanjutnya tante-tante yang selalu menimani kamu ketika bunda bekerja, jadi bunda tidak lagi bingung dan terlalu khawatir bila ada sesuatu yang terjadi kepada kamu.

Dari tante-tante juga kamu jadi suka nongkrong di warung kalau sore setelah mandi, atau pergi jalan-jalan membeli jajanan macam-macam, hasilnya hingga sekarang kamu seperti kaka Zeanissa, doyan makan apa saja, tapi bb-nya tetap susah naik tapi sudah nggak sakit-sakitan lagi.
Akhirnya memasuki Januari tahun 2024, kita pun liburan lagi tapi kali ini dekat rumah saja, kita main seharian di kolam renang yang juga terdapat playground. Ayah bunda juga mengajak kamu main ke playground lainnya yang ada di daerah Kuningan.

Namun kalau bunda ingat-ingat lagi, waktu kami bermain di playground terutama yang ada di mall dibanding dengan kaka Zaidan, masih kurang sekali, tapi jadinya kamu lebih banyak jalan-jalan atau menginap (staycation) ke tempat-tempat yang lebih jauh-jauh dari rumah.

Senangnya bunda membawa mu pergi berjalan-jalan tidak ada pernah ada kejadian, bunda mengalami kesulitan untuk menidurimu di malam hari, paling hanya telat-telat sejam dari waktu tidur dirumah yang biasanya di jam 9-10 malam. Mungkin itu terjadi karena biasanya selama jalan-jalan kamu biasanya tidak tidur siang, iya kamu menolak untuk dibobokan dan bunda juga tidak memaksa karena kalau kamu kelelahan kamu jadi lebih pulas tidurnya, setelah puas bermain.


Foto : Sport Club Anwa Meruya, One Satrio Kuningan, Kopi Tubing Bogor, Hotel Novus Jiva Anyer, Hotel Harris Bandung, Hotel Swiss Belresort Heritage 

Hal lain yang kamu sukai adalah meniru kaka-kaka, selalu ingin ikut dengan mereka tidak hanya bermain tapi juga untuk belajar, jadi bunda harus selalu siap sedia untuk kertas dan buku gambar. Yang pasti kamu juga tidak mau ketinggalan untuk belanja bulanan bersama Ayah dan Bunda di supermarket Hari-Hari.

Selama perjalanan ke usia dua tahun ini, banyak hal baik yang Allah limpahkan kepadamu. Namun Allah juga memberikan ujian untuk Ayah dan Bunda dengan diagnosa dokter tentang speech delay yang kamu alami. Bunda dan ayah tengah berusaha untuk mengobati serta merawat kamu dengan lebih baik lagi untuk tumbuh kembang kamu yang optimal.

Semoga Allah melimpahkan kemudahan untuk terapi-terapi yang kamu jalani, yaitu terapi wicara dan terapi sensorik, sekarang setiap hari sabtu bunda menemani kamu ke tempat terapi diantar oleh amih opi.

Terapi ini memang bukan hal yang mudah untuk kamu jalani, hari pertama datang ke terapi kamu menangis sepanjang sesi yang berlangsung selama satu jam, padahal waktu itu bunda menemani kamu di dalam ruangan terapi, terapi kedua bunda menguatkan dan membesarkan hati untuk meninggalkan kamu bersama dengan para terapis yang membantu terapi selama dua sesi atau dua jam.

Alhasil dipertemuan ketiga kamu mulai mengikuti waktu terapi tanpa tangisan, mungkin salah satunya karena kamu juga sudah mulai mengenal para terapis yang kita panggil miss tersebut. 

Semoga akhir tahun 2024 ini ada perubahan yang signifikan dengan kemampuan kamu untuk berbicara dan mari kita sama-sama mengusahakan yang terbaik untuk kamu yah zo, bunda selalu menyakini bila kamu punya kemampuan yang sama baiknya dengan kaka, bahkan mungkin lebih namun kamu hanya butuh waktu lebih lama saja.

...dan maafkan ayah bunda bila diperjalanan hidup kamu ini ada kekurangan untuk memenuhi kebutuhan kamu akan pertumbuhan dan perkembangan kamu yang seharusnya. Ayah dan bunda tidak pernah secara sengaja melakukannya karena kami pun sebagai orang tua masih harus terus belajar untuk membersami anak-anak.

Sekali lagi, selamat mengulang tahun kesayangan ayah bunda, semoga Allah limpahkan kesehatan dan umur yang penuh berkah, semoga kelak kamu menjadi anak yang soleh dan membanggakan untuk kedua orang tua.

love, ayah & bunda.




Komentar

Formulir Kontak