Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Roh Projects, Art Space Yang Memanjakan Mata



Gara-gara melihat postingan event terbaru Roh Project yang lewat di fyp Tiktok, saya pun jadi tertarik untuk melihat, apalagi sudah lama penasaran dengan galeri seni yang telah ada sejak tahun 2022 dan kerap kali mengadakan pameran seni rupa, entah itu berupa lukisan, kerajinan tangan maupun instalasi.


Jadi akhirnya kemarin siang (21/8) saya pun mendatangi Roh Project yang lokasinya berada tak jauh dari kantor, tepatnya di Jl Surabaya - Menteng Jakarta Pusat. Gedung yang terlihat seperti warehouse, bergaya minimalis dengan dominasi warna putih ini berada dipinggir jalan raya, strategis dan mudah dikenali.


Kekurangannya tempat ini tidak memiliki cukup area parkiran, mungkin yang berencana datang lebih baik dengan menggunakan transportasi umum seperti KRL, yang terdekat yaitu dari stasiun Cikini atau Stasiun Gondangdia atau bila ingin praktis bisa menggunakan ojek atau online taxi.

Siang itu ketika saya datang, tempatnya cukup ramai, terlihat orang-orang yang tengah duduk dikursi yang berada didepan dan samping gedung, awalnya saya pikir mereka mengantri untuk masuk namun ternyata pak petugas yang menjaga pintu masuk Roh Project sigap memanggil kami dengan lambaian tangan untuk bisa segera masuk ke dalam gedung tersebut.

Begitu memasuki gedung, kita akan disambut oleh mba resepsionis ramah yang memberikan informasi sekilas mengenai pameran seni yang tengah berjalan tersebut dan juga yang tidak boleh dilakukan oleh pengunjung, diantaranya adalah : 
  1. Untuk dokumentasi hanya boleh menggunakan kamera hp, tidak diperkenankan menggunakan kamera dslr dan lainnya 
  2. Pameran hanya berada di lantai dasar, tidak diperkenankan untuk naik ke lantai dua ataupun hanya menaiki tangga
  3. Setiap pengunjung tidak diperkenankan menyentuh lukisan-lukisan yang ada, makan, minum atau membuat keriuhan.

Pameran kali ini bernama "Early Spring - Early Summer" karya dari Trevor Shimizu, seorang seniman yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Pameran ini berisi serangkaian lukisan-lukisan landscape yang merefleksikan berlalunya waktu dari sungai Hudson.

Jumlah lukisan yang dipamerkan tidaklah banyak ada sekitar 8 lukisan yang dipasang di dinding beberapa tempat, ada yang menggambarkan seperti cerita berseri, ada yang besar sekali ukurannya dan ada yang kecil sekali, saking kecilnya saya sampai tidak menyadari bila lukisan ini juga bagian dari pameran ini.

Berikut foto-foto saya dengan lukisan-lukisan yang dipamerkan, buat saya yang sangat suka dengan tema floral, lukisan-lukisan ini sangat menyejukkan mata memandang berlama-lama walaupun saya tidak terlalu mengerti arti abstraknya guratan-guratan pada lukisan tapi saya senang sekali bisa menikmati lukisan-lukisan ini.



Untuk saya yang pertama kali datang kesini kesan pertama memasuki Roh Project, tentu saja terkejut karena mendapati tempatnya itu kecil, tidak sebesar yang ada dibayangan saya, namun karena gedungnya memiliki desain dengan langit-langit yang dibuat tinggi sehingga terasa lega dan luas.

Di dalam area pameran tidak terlalu ramai, sehingga untuk kita yang memang datang untuk menikmati seni lukisan ini sangat worth it atau yang datang seperti saya mungkin untuk foto-foto juga bisa dan menyenangkan, namun infonya untuk akhir pekan harus antri untuk masuk ke Roh Project ini.

Untuk teman-teman yang ingin juga datang ke pameran ini, telah dibuka untuk umum dan gratis sejak 14 Agustus hingga 8 September 2024 nanti, untuk pameran kali ini tidak perlu melakukan reservasi kedatangan sehingga kita bisa datang kapan saja sesuai jadwal buka dan tutup Roh Project yaitu selasa s/d sabtu mulai dari pukul 11.00 - 18.00. Untuk info lengkapnya mampir saja ke instagramnya @rohprojects.

Adakah dari teman-teman yang pernah datang ke Roh Projects ? sharing ceritanya di kolom komentar yuk.

Komentar

  1. Kukira roh project itu apaaa.. mungkin lukisan-lukisan arwah atau something mystically gituu..
    oh ternyata lukisan abstrak tentang Sungai Hudson yaa.

    Banyak juga yang lihat ya? Senang kalau orang-orang bisa menikmati seni gini...biasanya punya pemikiran yang deep dan hatinya lembut ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, roh project itu nama tempatnya mba, kebetulan saat ini sdg ada pameran lukisan abstrak, next time berganti tema mampir yuk mba

      Hapus
  2. Saya belum pernah datang ke museum persenian yang seperti ini. Kadang tertarik mau datang tapi waktu yg tak sempat, karena museum gini tuh punya cerita yang doceritakan lewat lukisan, duuhhh penasarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru pertama kali untuk ke Roh Project ini mba, tp emg lagi suka dtg ke art space atau museum juga

      Hapus
  3. Enak yah tinggal di Jabodetabek tuh.. banyak event event seru, baik game, musik, seni dari berbagai seni.. Aku gak ngerti soal lukasan. Tapi sekalinya liat langsung suka betah.. apalagi lukisan dengan tema spring summer itu bisa bikin aku senym senyum sendiri..

    BalasHapus
  4. Art Space ini interiornya memang semi industrial gitu yaa, ka?
    Pendapat ka Maya yang pas lihat langsung Roh Project ini gimana ka?

    Soalnya kalau lihat dari foto ka Maya, tersirat kesan hijau-hijau cerah dari seniman Trevor Shimizu dengan tema "Early Spring - Early Summer".

    BalasHapus
  5. Tadinya kukira juga tempatnya beneran luas dan legaaaa banget. Sampai aku menemukan kalimat yang Mba Maya sampaikan kalau ruangannya sesungguhnya kecil, namun kesan lega dimunculkan sama langit-langit ruangannya yang tinggi. Betah sekaliiii. Hmm, paham sih kenapa kamera selain kamera ponsel nggak diijinkan. Soalnya resolusinya kadang nggak terganti. Kamera ponsel tuh kebanyakan masih ada batas ketajaman. Iya nggak ya, Mba?

    BalasHapus
  6. Itu lukisan bikin mata tenang ya kaka. Aku juga udah lama gak berkunjung ke museum kesenian begini. Padahal mendatangi tempat seni begini bikin happy dan bahagia ya

    BalasHapus
  7. Terakhir kali lihat pameran lukisan kapan ya? Kayaknya sudah lebih dari 10 tahun yang lalu.

    Saya selalu suka kalau mendatangi galeri seni Dan menikmati karya masterpieces para senimannya. Roh Project ini keliatannya bagus banget ya. Indah Dan memesona!

    BalasHapus
  8. Lukisannya cantik ya kak. Bergaya abstrak tapi tetap menarik dan bernilai. Dari dulu aku penasaran banget pengen nonton pameran-pameran lukisan seperti ini

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah ke sana. Sangat menarik melihat hasil karya seni lukisan dan bisa berfoto, walau nggak bisa disentuh. Aura Roh Projects-nya juga clear and clean.

    BalasHapus
  10. aku suka ke museum baik museum sejarah maupun museum seni. disana seperti menemukan dunia yang berbeda. kebetulan aku orang yang introvet yang lebih menyukai ketenangan. menjadi sebuah hiburan bagi diri sendiri jika berada dalam ruang tersebut.

    BalasHapus
  11. Wah, aku jadi tertarik banget setelah baca cerita kakak tentang Roh Project! Kayaknya seru banget ya bisa mampir ke galeri seni yang punya nuansa minimalis dan pameran lukisan-lukisan landscape dari Trevor Shimizu. Aku pribadi emang belum pernah ke Roh Project, tapi pernah denger temen cerita soal tempat ini juga, katanya vibe-nya unik dan beda dari galeri seni pada umumnya. Apalagi pameran kali ini kayaknya punya tema yang menenangkan banget ya, tentang perubahan waktu di sungai Hudson. Cocok banget buat yang suka tema floral dan landscape seperti yang kakak bilang.

    Bener sih, soal nggak boleh menyentuh karya seni atau pakai DSLR itu umum di banyak galeri. Aku pernah ngalamin hal serupa pas ke galeri seni di Bandung, tapi justru aturan itu bikin kita lebih fokus menikmati karyanya tanpa gangguan, ya kan?

    Yang bikin makin penasaran adalah desain gedungnya yang walaupun kecil, tapi tetap terasa luas karena langit-langit yang tinggi. Rasanya pasti beda banget dari bayangan orang yang belum pernah ke sana. Jadi makin pengen coba main ke sana kapan-kapan, apalagi event ini gratis dan nggak perlu reservasi. Buat aku yang sering bingung nyari tempat refreshing di tengah kota, Roh Project ini kayaknya jadi salah satu opsi menarik!

    BalasHapus
  12. maaf mbak aku awalnya gagal fokus sama namanya Roh Project, taunya pas baca lebih lengkap blognya waaahh bagus lukisannya bunga2. Kalau masuk kesini ada dibatasin waktu berkunjungnya gak kak? Misal paling lama di dalam hanya 1 jam

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak