Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Pengalaman Mengatasi Kulit Dermatitis Atopik Dengan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream


Entah bagaimana bermulanya namun sudah lebih dari beberapa tahun terakhir pak suami mengalami gatal yang kemudian saya ketahui sebagai Dermatitis Atopik.

Dermatitis Atopik tersebut terjadi pada bagian kedua lututnya, menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan sehingga kerap kali digaruk dan akhirnya kadang menjadi lecet kulitnya.

Hingga kini kami tak juga menemukan obat yang cocok atau cara yang tepat untuk mengatasi rasa gatal tersebut dan paksu juga orang yang tak mudah diajak untuk kedokter, karena menurutnya rasa gatal tersebut masih bisa ia tahan dan atasi. 

Memang rasa gatal yang timbul tidak setiap hari, walaupun seringnya malam hari tapi tidak menentu waktu namun karena lama sekali dibiarkan tanpa pengobatan atau perawatan yang seharusnya, akhirnya sampai sekarang terus berulang rasa gatalnya dan kondisi kulit kedua lututnya kalau tidak menjadi lecet atau kulitnya menjadi menebal, kering dan mengelupas.

Keluhan-keluhan tersebut mungkin tidak terlalu masalah untuk pak suami karena salah satu alasannya dermatitis atopik tersebut bisa ia tutupi kondisinya dengan memakai celana panjang ketika bekerja, tapi kalau lagi dirumah karena ia memakai celana pendek justru membuat saya yang melihatnya merasa gregetan, khawatir dan tidak nyaman.


Tentang Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik, atau bisa disebut juga dengan eksim atau eczema merupakan peradangan pada kulit dengan kondisi kulit kronis yang ditandai dengan ruam, merah-merah, gatal dan kulit mengering. Umumnya penyakit ini terjadi pada anak-anak namun bisa juga terjadi pada bayi baru lahir atau bahkan orang dewasa.

Penyebab dermatitis atopik memang ternyata tidak sepenuhnya dipahami yang pasti seringkali bersifat reaktif terhadap alergen atau iritan tertentu. Beberapa faktor yang dapat berperan atau mungkin berkontribusi meliputi :

  • Faktor Genetik : Mempunyai peranan penting, bila salah satu orang tua atau keduanya memiliki riwayat dermatitis atopik, risiko anak untuk mengalami dermatitis atopik ini menjadi lebih tinggi.
  • Gangguan Pada Sistem Kekebalan Tubuh : Pada penderita dermatitis atopik, sistem kekebalan tubuh cenderung bereaksi secara berlebihan pada zat-zat tertentu yang menyebabkan peradangan pada kulit.
  • Hiperaktivitas Sel-Sel Kulit : Orang dengan dermatitis atopik mungkin memiliki sel-sel kulit yang lebih sensitif dan cenderung mengalami peradangan lebih mudah daripada orang lain.
  • Faktor Lingkungan : Termasuk diantaranya yang berasal dari debu, tungau, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara serta iritan dari sabun keras atau deterjen.
  • Gangguan Lapisan Pelindung Kulit : Pada penderita dermatitis atopik, fungsi barrier kulit mungkin terganggu sehingga mengakibatkan hilangnya kelembaban dari kulit dan memungkinkan masuknya zat-zat iritan atau alergen.
  • Perubahan Hormonal : Dapat terjadi seperti pada halnya ketika remaja atau masa kehamilan 
Dengan banyaknya faktor yang berperan tersebut, sehingga kemungkinan besar seseorang yang satu dan yang lainnya yang walaupun sama-sama mengalami dermatitis atopik itu dapat memiliki faktor yang berbeda terutama dalam mengembangkan kondisi dermatitis atopik-nya, catatan pentingnya dengan mengetahui faktor utamanya dapat membantu kita untuk menangani dan merawat kondisi dematitis atopik dengan lebih baik.

Selain itu dengan mengetahui salah satu faktor genetik atau keturunan dan lingkungan menjadi salah satu faktor pemicu yang paling umum menyebabkan seseorang mengalami kondisi dermatitis atopik. Menjadi perhatian untuk saya dan pak suami untuk dapat menjaga kulit anak-anak, karena anak-anak dengan kondisi orang tua yang memiliki riwayat serupa nyatanya lebih rentan mengalami kondisi dermatitis atopik.

Untuk saat ini dermatitis atopik yang terjadi pada pak suami sudah tidak separah di awal-awal, sekarang sudah lebih terkendali, beberapa hal yang saya lakukan untuk menghindari pemicunya, mengingat rasa gatal terjadi lebih sering di malam hari yaitu :
  1. Selalu membersihkan kamar dan tempat tidur setiap hari
  2. Mengganti seprai, sarung bantal dan guling serta handuk untuk mandi setidaknya setiap seminggu sekali
  3. Menggunakan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream secara rutin setelah mandi di pagi dan sore hari dan pengulangan seperlunya sesuai kondisi kulit yang terkena dermatitis atopik.

Mustela Stelatopia+ Emollient Cream 

Merupakan krim yang di desain khusus untuk kulit atopik, Mustela Stelatopia+ Emollient Cream dapat digunakan diseluruh anggota tubuh yang membutuhkan. Dengan tekstur ringan yang lembut dan cepat meresap sehingga dapat dengan cepat memberikan kelembapan pada kulit sekaligus menenangkan rasa gatal di area kulit yang kemerahan.

Mustela Stelatopia+ Emollient Cream tidak hanya dapat digunakan oleh anak-anak namun juga oleh semua anggota keluarga, mulai dari bayi baru lahir, anak-anak hingga orang dewasa dengan keluhan dermatitis atopik. Sebelumnya telah dikenal dengan nama Mustela Emollient Cream dan Emollient Balm, yang membedakan dengan pendahulunya adalah dengan adanya improved ingredients yaitu prebiotik bioecolia.

Pada event Mommy & Me lalu (29/6) telah dilakukan launching penjualan secara offline Mustela Stelatopia+ Emollient Cream, di event tersebut terselenggara juga talkshow dengan tema : "Kulit Atopik Butuh Prebiotik ? Yuk Kenali Pentingnya Prebiotik Untuk Kulit Atopik" dan dari menghadiri talk show tersebut saya mendapatkan lebih banyak informasi mengenai improved ingredients : Prebiotik Bioecolia.




3 Kandungan utama pada Mustela Stelatopia+ Emollient Cream, yaitu :

  • Sunflower oil distillate yang dapat melembapkan dan membantu mengurangi peradangan pada kulit atopik
  • Triple lipid Complex (avocado oil, sunflower oil, shea butter yang melembutkan dan menutrisi kulit
  • Prebiotik Bioecolia yang membantu menyeimbangkan mikrobiota pada kulit

Dengan kandungan utama, minyak bunga matahari terdestilasi, dipilih khusus untuk kulit atopik. Studi yang dilakukan untuk bahan aktif ini menunjukkan efek menenangkan dan mengembalikan lapisan lipid kulit. Tidak hanya itu saja karena mampu juga menguatkan kulit dengan cara menstimulasi produksi lipid sehingga ada keuntungan ganda dari proses ini yang disebut dengan active relipidation.

Selain itu dengan formula tersebut diatas yang kaya tekstur sehingga dapat membantu mengembalikan lapisan pelindung kulit sekaligus melindungi terhadap rangsangan dari faktor luar. Hasilnya, kemerahan dan area kasar pada kulit menjadi berkurang.

Saat ini Mustela Stelatopia+ Emollient Cream dengan kandungan Prebiotic Bioecolia yang sangat berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit atopik karena dapat menyeimbangkan mikrobiota pada kulit sehingga setelah memakai Mustela Stelatopia+ Emollient Cream kulit akan lembab hingga 24 jam. 

Ini berarti dengan pemakaian secara rutin Mustela Stelatopia+ Emollient Cream yang mengandung 99% bahan alami dapat mencegah kambuhnya atopik dan mengurangi risiko terjadinya dermatitis atopik sebesar 33-50%. 

Cara penggunaan yang mudah dan memberi hasil optimal :

  1. Tekan tube perlahan dan keluarkan isi krimnya sesuai kebutuhan
  2. Gunakan 2 kali sehari ditubuh atau wajah sampil dipijat lembut
  3. Bila memungkinkan, diamkan sesaat setelah pemakaian, setelahnya baru kenakan pakaian

Untuk itu walaupun kondisi kulit penderita atopik sedang baik-baik saja, namun bila sudah ada riwayat pernah terkena dermatitis atopik sangat baik bila menggunakan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream sebagai skincare harian. Apalagi produk ini bebas pewangi, menggunakan bahan vegan, teruji dibawah pengawasan dokter kulit dan anak, sudah bersertifikasi ORGANIK ECOCERT.

Terdapat dua jenis kemasan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream, berukuran 300 ml dengan kepala botol model pump yang cocok menjadi persedian dirumah dan 150 ml dengan kepala botol flip top yang praktis untuk dibawa-dibawa ketika berpergian.

Tidak hanya memperhatikan isi dari produknya tapi juga kemasannya terbuat dari 30% plastik daur ulang dan tentunya bisa di daur ulang lagi, sementara kartonnya berasal dari hutan lestari dan dicetak dengan tinta yang terbuat dari minyak nabati.

Tenang rasanya dapat menemukan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream, produk khusus yang memang dapat mengatasi kulit dengan dermatitis atopik, senang juga karena kulit pak suami dengan dermatitis atopik sudah tidak lagi terlihat kering, mengelupas malah terlihat lembap, terasa lembut dan yang paling penting sudah jarang kambuh dan rasa gatalnya tidak dirasakan lagi.

Nah ayah bunda dan keluarga dirumah yang memiliki keluhan kulit dengan atopik juga dapat mencoba memakai Mustela Stelatopia+ Emollient Cream karena saat ini Mustela Stelatopia+ Emollient Cream sudah tersedia di E-Commerce Mustela Official Store dengan banyak penawaran promo yang menarik atau kunjungi baby store terdekat dari rumah yah.

Ada ayah bunda atau anak-anak yang tengah mengalami masalah dengan kulit dermatitis atopik juga ? atau ada yang sudah menggunakan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream dan mendapatkan hasil setelah penggunaanya ? sharing ceritanya di kolom komentar yuk.

Komentar

  1. Baru tahu ternyata ada untuk Dewasa ya Mom.. Ampuh banget ya Mustela Stelatopia Emollient ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba bisa dipakai untuk seluruh anggota keluarga mulai dari bayi, anak-anak hingga orang tuanya

      Hapus
  2. Thank you sharingnya mom, sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  3. Wahh jadi cepet sembuh yaa.. wajib banget nih yg ada dermatitis atopik pakai mustela

    BalasHapus
  4. Rekomen banget ya mustela

    BalasHapus
  5. Produk skincare dr France emang bagus ya, kl ga mustela ya la roche posay. Anakku dr newborn jg pake Mustela, awalnya krn goodiebag dr RS, lanjut pake terus sampe skrg deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba seneng banget sih dpt goodiebag dari mustela ketika lahiran, di indonesia kayanya belum ada deh. mustela emang paling cocok sih sama kulit bayi, kualitasnya tidak diragukan lagi yah

      Hapus
  6. memang sebagus itu ya produk-produk dari mustela, apalagi yang varian untuk kulit atopik ini, progressnya cepet lho hitungan hari udah mulus lagi kulit si baby

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, tidak hanya di kulit bayi dikulit orang dewasa pun langsung dapat terlihat efek penggunaannya

      Hapus
  7. Artikelnya relate banget. Saya juga eksim terutama di jari tangan sama kaki. Kalau lagi parah duuuh ngga enak rasanya, diliatnya :( Sekarang anak baru 3 taun udah keliatan tanda2 eksim huhuhu. Makasih banget blognya. Pencerahan banget. Segera coba Mustela deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas arief thanks for sharing bout ur exzema, semoga cocok juga yah pakai mustela stelatopia+ emollient cream

      Hapus
  8. Aku termasuk yang suka bersih bersih nih buat sarung bantal guling ,sprei nggak betah kalau udah mulai terasa ngaruh ke kulit apalagi gatal ya .Mustefa jadi andalan juga ya ini untuk pencegahan terhadap kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, kalau sudah tahu ada gejala eksim karena alergen debu, better prepare untuk menghindari pemicunya

      Hapus
  9. Saya banget tuh kalau kedapatn gatal. Suka tetiba gatal. Kayanknya bisa sicoba.Mustela bisa dipakai semua usia ya mbak.

    BalasHapus
  10. Walaah.. Dermatitis Atopik toh namanya.. Aku juga ada di sikut biasanya, tapi itu aku hanya ketika aku pakai sabun komersil.. Harus pakai sabun organik baru kembali kesemula.. Boleh nih di coba krimnya mustela.. Dulu aku pakai Mustela yg buat niple Alhamdulillah cocok juga..

    BalasHapus
  11. Berarti orang dewasa juga bisa pakai, ya? Saya pengen coba kasih ke suami, deh. Kalau cuaca lagi panas suka kambuh gatal-gatal di kulitnya. Siapa tau pakai Mustela jadi hilang gatal-gatalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mba, semoga paksu cocok dengan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream

      Hapus
  12. Aku khusyuk baca pengalaman suaminya. Aku pernah suka tiba2 gatal bagian betis di kaki pada malam hari. Tapi nggak ada tanda-tanda apapun di kulit. Awalnya ngira mungkin karena sprei kotor dan berdebu. Udah dibersihin, tetap gatal terulang. Coba kepoin dulu produknya.

    BalasHapus
  13. Ternyata penyebabnya bisa beragam yaa..
    Tapi bisa dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal agar gak banyak kuman dan kalau muncul gejalanya, segera menggunakan produk khusus mengatasi Kulit Dermatitis Atopik menggunakan Mustela Stelatopia+ Emollient Cream.

    BalasHapus
  14. Produknya Mustela memang tidak perlu diragukan lagi. Dan emang sebagus itu sih. Ada harga ada kualitas. Aku sempat beli satu produknya pas anak ketiga masih umur 1 tahun, beli krim untuk ruam popok Mustella Barrier Cream. Buat jaga-jaga kalau anak terkena iritasi. Eh malah aku pake pas tanganku iritasi karena alergi dan bisa mengurangi lho. Kalau yang Stelatopia+ Emmolient Cream ini belum pernah pakai. Kayanya mesti cobain nih buat mengatasi iritasi di kulit aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba tya samaan aku juga pakai mustela barrier cream untuk bayiku dulu dan aman bgt gak ada ruam, nah kalo mustela stelatopia+ emollient cream cocoknya untuk yang ada eksim atau untuk perawatan agar terhindar dari eksim terutama untuk anak yang punya ortu mempunyai eksim

      Hapus
  15. alhamdulillah ketemu cara yang cocok yaa buat mengatasi dermatitis atopik pak suami. Dulu anakku pakai Mustela waktu kulitnya kering, mudah mengelupas. Memang kulit jadi lebih lembab, dia enggak garuk-garuk lagi.

    BalasHapus
  16. Aku yakin banget kalo Mustela bikin produk gak pernah kaleng-kaleng apalagi dengan lahirnya produk ini yang ampuh redakan gatal pd kulit pasti bermanfaat bgt buat yg atopik

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak