Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Jakarta Internasional Jewellery Fair, Surga Perhiasan Yang Wajib Di Datangi Setiap Tahun


 Sejak tahun lalu saya mulai tertarik untuk menambah investasi perhiasaan emas lagi, sebenarnya sejak lama saya memang suka dengan perhiasan emas entah itu yang berbentuk kalung, gelang, cincin, anting ataupun gelang kaki.

Namun karena malas ke tokonya dan merasa masih belum menemukan model-model yang cantik jadi saya hanya membelinya sesekali saja dalam beberapa tahun, perhiasan itu pun awet saya pakai sampai berubah warna dan ukurannya pun menyempit yah karena berat badan saya yang bertambah, hihihi.

Entah bagaimana ceritanya saya pun bertemu dengan teman-teman yang juga tengah mengandrungi perhiasan emas ini disebuah grup whats app, senangnya punya teman yang punya ketertarikan yang sama jadi saling mendukung untuk lebih banyak lagi menabung untuk kemudian dibelikan perhiasan-perhiasan emas model terbaru.

Selain itu kita pun jadi makin tahu perhiasan-perhiasan dengan model yang paling up to date yang terinspirasi dari merk-merk dunia seperti Cartier, Chopard, Chaumet, Tiffany n Co, Bvlgari, Boucheron, Hermes, LV, Chanel hingga yang saat ini tengah banyak sekali disukai Van Cleef & Arpels.

Dari mereka jugalah saya tahu bila setiap tahun ada acara khusus pameran sekaligus penjualan perhiasan terbesar di Indonesia yaitu Jakarta Internasional Jewellery Fair. Acara ini digelar sebanyak dua kali dalam setahun dan dikota berbeda, yaitu di Jakarta dan Surabaya. Untuk di Jakarta terselenggara pada 7-10 Maret 2024 lalu.

Acara yang dihelat selama empat hari tersebut, dapat dikunjungi tanpa dipungut bayaran malah pengunjung yang datang mendapatkan souvenir dari penyelenggara, tahun lalu saya mendapatkan mug cantik dan tahun ini dengan pembelanjaan dari tahun sebelumnya yang tidak seberapa banyak saya mendapatkan undangan VIP dan mendapatkan sebuah pvc bag berwarna hitam.

Peserta pameran Jakarta Internasional Jewellery Fair, terdiri dari produsen, distributor, penjual secara grosir maupun eceran, tidak hanya menjual beragam perhiasan emas, perak, mutiara, berlian, batu mulia, semi mulia, batu kasar namun juga kerajinan dan perhiasan halus lainnya.

Tahun 2024 ini, ternyata sudah 15 kalinya acara Jakarta Internasional Jewellery Fair dipergelarkan, seperti halnya tahun lalu acaranya diadakan di JCC Jakarta tepatnya di Assembly hall.

Hari itu (7/3) harusnya saya datang sekitar jam 10 pagi untuk menghadiri undangan acara pembukaan, namun karena kesibukan dikantor saya pun baru datang siang harinya dan sudah sangat ramai sekali, padahal saya penasaran dengan hadiah yang diberikan untuk 200 orang pengunjung wanita pertama.

Sesuai dengan tujuan utama kedatangan saya ke Jakarta Internasional Jewellery Fair tentu saja untuk membeli beberapa perhiasan yang memang telah saya idamkan dan kebetulan tokonya ikut menjadi peserta sebagai penjual, padahal tahun lalu tidak ikutan.


Toko Mas Asli Bagong

Ini toko mas yang tidak hanya menjual perhiasan berupa emas, berlian dan batu permata lainnya namun juga logam mulia, merupakan toko mas legendary yang toko fisiknya berada di Semarang, tepatnya di Jl. KH Wahid Hasyim No.11, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Walaupun saya tidak tahu secara pasti sejak kapan Toko Mas Asli Bagong ini sudah ada.

Sayangnya setelah googling pun hanya mendapatkan sedikit sekali informasi, salah satunya mengenai kedua owner saat ini yaitu : Puspa Tang dan Ratna Tang yang selama dua dekade terakhir turut membangun dan mengembangkan keberadaan Toko Mas Asli Bagong.

Sebagai pecinta perhiasaan emas, saya mengakui bila Toko Mas Asli Bagong mempunyai produksi yang luar biasa, tidak hanya banyak macamnya yang cantik-cantik namun juga sangat up to date mengikuti perkembangan perhiasaan yang saat ini sedang ramai dicari pengemarnya.

Namun yang paling penting Toko Mas Asli Bagong mempunyai harga beli yang lebih murah sekaligus harga jual yang relatif lebih tinggi dari yang lainnya tidak hanya untuk perhiasan tapi juga untuk logam mulia, bahkan kalau mengecek laman instagramnya (yang banyak dan sering berubah-ubah, karena sering dilaporkan) harga beli logam mulia lebih murah daripada harga di Antam yang memang memproduksinya.

Toko Emas Semar Nusantara

Masih dari kota Semarang ada juga yang terkenal dan sudah berusia lebih dari 50 tahun, yaitu Toko Emas Semar Nusantara, mengutip dari laman www.semar.co.id saat ini Toko Emas Semar Nusantara sudah memiliki 10 outlet yang tersebar di pulau Jawa dan salah satunya ada di Jakarta, tepatnya di Mall Neo Soho.

Sama halnya dengan Toko Mas Asli Bagong, model perhiasan yang dijual oleh Toko Emas Semar Nusantara pun beraneka ragam, untuk perhiasaan tidak hanya tersedia yang berwarna gold, namun juga white gold dan rose gold hal tersebutlah yang membuat kedua toko perhiasaan emas ini  lebih memuaskan keinginan para penggemar perhiasaan sehingga saat di pameran sangat ramai sekali, sehingga susah untuk mendapatkan pelayanan dari para salesnya.

Namun sayangnya untuk harga perhiasaan Toko Emas Semar Nusantara agak sedikit lebih mahal daripada Toko Mas Asli Bagong, ini saya ketahui saat membeli dikedua toko emas tersebut, walaupun dengan kadar yang sama namun harga belinya berbeda sekitar 10-20 ribu.

Namun Toko Emas Semar Nusantara mempunyai lebih banyak pilihan koleksi, terutama untuk mereka yang suka dengan kolaborasi emas dengan para selebritas, saat ini Toko Emas Semar Nusantara sudah bekerja sama dengan Nikita Willy dan Ivan Gunawan.


Toko Mas Jawa

Pertama kali berdiri di Wonosari tahun 1980, walaupun namanya telah tiga kali mengalami perubahan namun sejak 30 tahun lalu telah secara resmi menggunakan nama Toko Mas Jawa.

Ini kali kedua saya berbelanja perhiasan di Toko Mas Jawa, para sales yang menjual dan menawarkan perhiasaan sangat ramah dan luar biasa membantu, tokonya memang kalah ramai dibanding dengan dua toko sebelumnya, namun karena itu jadi bisa lebih leluasa memilih perhiasaan yang kita inginkan.

Untuk model perhiasan memang kurang banyak yang saya sukai, namun ini juga mungkin karena saya memang lebih menyukai koleksi dari Toko Mas Asli Bagong, namun saya tetap senang melihat koleksi-koleksi yang ada di Toko Mas Jawa dan dibelanja kali ini saya membelikan sepasang anting untuk anak saya Zeanissa.

Toko Mas Jawa saat ini telah memiliki 15 cabang yang tersebar di seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta, untuk melihat alamat tokonya dan koleksi-koleksinya dapat mengunjungi laman web www.tokomasjawa.com.

Mendatangi pameran perhiasan memang tidak hanya harus ada cukup uang namun juga waktu karena tiga jam saya berada disana rasanya sesaat sekali, apalagi toko-toko emas yang saya sukai produknya tidak memiliki toko offline di kota Jakarta, kecuali Toko Mas Semar Nusantara.

Kalau budget punya banyak sih seharian bakalan betah mondar mandir disini, nggak mau pulang, saya benar-benar menikmati hari itu, senang rasanya bisa melihat secara langsung sekaligus mencoba beberapa perhiasan yang selama ini hanya saya lihat penampakannya melalui foto dan video.

Salah satu alasan besar saya harus meluangkan waktu untuk datang kesini karena saya menghindari pembelian perhiasan maupun logam mulia secara online untuk menghindari dosa riba. Untuk teman-teman muslim buat yang belum tahu perhiasan dan logam mulia merupakan barang ribawi, dimana terjadinya akad pertukarannya harus saat itu juga antara uang dan produknya. 

Dengan adanya event ini buat saya benar-benar menjadi solusi untuk membeli perhiasan dengam benar menurut pandangan islam. Semoga tahun depan ada lebih banyak rejeki untuk dapat datang kembali saat acara ini diadakan lagi di Jakarta.

Untuk mengetahui agenda Jakarta Internasional Jewellery Fair setiap tahun bisa mengunjungi laman website : indonesiajewelleryfair.com dan instagram @indojewelleryfair

Sudah adakah dari teman-teman yang pernah datang ke Jakarta Internasional Jewellery Fair ini ? bagi ceritamu di kolom komentar yah


Komentar

Formulir Kontak